SD Muhammadiyah 4 Surabaya Juarai Kompetisi Robot di Singapura

Suara.com - SD Muhammadiyah 4 Surabaya meraih juara 1 dan 2 dalam kompetisi robot internasional "Robocup Singapore Open 2018" yang digelar di Science Center, Singapura pada 20-22 April 2018.

BACA JUGA : Deretan Aplikasi yang Bisa Membuat Smartphone Makin Canggih


Pembina Robotika SD Muhammadiyah 4 Surabaya Endik Setiawan di Surabaya, Selasa (1/5/2018), mengatakan timnya meraih dua juara, yakni juara 1 di kateogori Robot Rescue Junior yang diraih Tim Roboku dan juara 2 yang diraih Tim Hirobo.

Sementara di kategori Robot Soccer Tim Green Soccer meraih juara 1 dan Tim Garuda juara 2.

"Untuk kriterianya, di robot soccer seperti sepak bola, di mana yang membuat gol lebih banyak itulah yang juara, sedangkan kategori rescue penilainnya robot yang bisa melintasi jalan, melewati jembatan, dan halangan, kemudian mengambil bola sebanyak-banyaknya, yang menjadi juara," kata Endik.

BACA JUGA : Inilah Daftar Aplikasi Pengusir Nyamuk Terbaik di Android Terbaru


Endik mengatakan dalam kompetisi robot tingkat Asia itu, timnya bersaing dengan 250 peserta dari Singapura, Cina, Taiwan, Korea Selatan, dan Indonesia.

"Kalau untuk robot soccer bisa berjenjang, yaitu di tingkat mahasiswa berupa humanoid, dimana robot menyerupai manusia yang bisa dilombakan seperti layaknya sepak bola. Rescue digunakan untuk mengikuti atau membantu korban kebakaran di rumah," ujarnya.

BACA JUGA : Panduan Lengkap Menghapus Adware (Virus iklan) di Android Tanpa Root


Dengan menjadi juara di kompetisi itu, timnya berhak mengikuti kompetisi robot Internasional 2018 di Montreal, Kanada pada 15-23 Juni 2018.

"Nanti kami akan memilih apakah di kategori rescue atau soccer yang akan berangkat. Nanti akan kami seleksi lagi siswa yang akan berangkat. Satu tim yang terbaik yang akan diberangkatkan. Kompetisi itu level dunia yang diikuti 100 negara," tuturnya. (Antara)

0 Response to "SD Muhammadiyah 4 Surabaya Juarai Kompetisi Robot di Singapura"

Post a Comment

close
==[ Klik disini 2X untuk Close ]==