Ini Sebab Kendaraan Harus Dimatikan Saat Isi Bensin


Jakarta - Otolovers pasti sering memperhatikan ada peringatan untuk mematikan mesin ketika kita sedang mengisi bensin. Tapi masih saja ada pengendara yang bandel dengan tetap menyalakan mesin saat mengisi bensin.
Menyalakan mesin saat sedang mengisi bensin disebut berbahaya bahkan bisa menimbulkan kebakaran. Sebenarnya apa ya yang bisa memicu hal itu?
Mengutip Drivespark, Kamis (12/4/2018), salah satu alasan mengapa mesin harus dimatikan saat mengisi bensin adalah adanya aliran listrik statis. Aliran listrik statis itu bisa membuat muatan listrik tidak seimbang baik di dalam maupun di permukaan dekat selang bensin. Ini bisa menyebabkan munculnya percikan api karena uap bahan bakar di sekitar selang bahkan paling parah bisa terbakar.

Baca juga: Punya Mobil Matik? Ini Cara Mengendarainya Supaya Irit BBM

Hal itu juga menjadi alasan pelarangan penggunaan ponsel saat sedang mengisi bensin. Hal serupa bisa terjadi. Aliran listrik statis bisa timbul saat ponsel digunakan terlebih saat menelepon.
Chargeran ponsel dan lighter yang berada di dalam mobil pun bisa memicu terjadinya kebakaran saat mengisi bensin.
Di mobil bermesin bensin, pembakaran bisa terjadi karena busi yang memicu campuran bahan bakar dengan udara. Sementara pada mesin diesel pembakaran terjadi akibat adanya semprotan bahan bakar ke suhu udara tinggi yang terkompresi. Bensin memang lebih cepat terbakar daripada diesel.
Baca juga: Mengungkap Mitos Saat Isi Bensin
Tak kalah bahayanya saat mobil sedang diisi bensinya kemudian kita starter. Itu karena saat starter mobil, mesin menggunakan bensin dan sistem kelistrikan lebih banyak agar mobil bisa menyala dengan cepat.
Terakhir tidak perlu juga untuk menggoyang-goyang kendaraan saat isi bensin. Pegel nanti!

sumber detik.com

0 Response to "Ini Sebab Kendaraan Harus Dimatikan Saat Isi Bensin"

Post a Comment

close
==[ Klik disini 2X untuk Close ]==